Rekomendasi Pendakian Singkat di Bogor: Gunung Butik Jonggol

Pendakian Gunung Butik, Bogor

Ngelanjutin postingan blog aku sebelumnya, Pendakian Gunung Batu, aku udah janjiin bakal posting puncak berikutnya yang aku datangin dihari yang sama. Yup, hari itu aku berhasil naik ke dua puncak yang ada di Bogor, haha. Gunung Butik, adalah destinasi selanjutnya yang berhasil aku dan sohibku datangin kemarin. Gunung ini lokasinya kurang lebih 12 KM dari Gunung Batu. Menurutku sih ini adalah salah satu gunung yang recommended ya. Baca cerita lengkap pendakiannya dipostingan kali ini ya.

Tentang Gunung Butik

Puncak Gunung Butik, Bogor

Dengan ketinggian 1250 mdpl, gunung ini jadi satu destinasi pendakian yang cukup populer di Bogor. Lokasinya ada di kawasan Jonggol dan lumayan dekat juga ke Sentul, makanya tempat ini juga dikenal dengan nama Gunung Butik Sentul. Untuk sampai ke lokasi, kamu search aja di Google Map dengan kata kunci Aula Cisoro. Dari lokasi itu kamu tinggal jalan kurang lebih 50 meter untuk sampai ke gerbang pendakian dan pos simaksi. 


Di dekat pos pendakian ada lahan parkir yang luas. Bisa nampung beberapa mobil atau puluhan motor  mungkin ya. Di sana juga ada mushola, dan juga pendopo untuk istirahat sebelum atau sesudah pendakian. Ada beberapa warung kecil juga buat kamu beli-beli bahan logistik yang kurang. Oiya, di sini juga sumber airnya melimpah untuk kawasan Jonggol yang udah terkenal panas dan agak gersang. Jadi buat aku sendiri Gunung Butik ini udah punya fasilitas yang lengkap banget sih.

Pendakian Gunung Butik

Pendakian Gunung Butik, Bogor

Perlu kalian tahu kalau Gunung Butik ini ada di dalam satu kawasan ya gaes. Jadi ngga cuma satu destinasi aja yang kalian bisa datangi, ada puncak lainnya juga namanya Gunung Hanjawong. Sebelahan kok gunungnya, jadi kalian juga bisa melakukan pendakian lintas gunung. Tapi untuk aku sendiri kemarin cukup ke Gunung Butik aja karena pagi harinya sudah naik ke Gunung Batu.

Sebelum memulai perjalanan, wajib dulu dong daftar simaksi di pintu pendakian. Untuk biaya simaksinya itu cuma Rp 20.000 per orang, kamu sudah bisa dapatin satu tiket dan kamu bisa langsung mendaki ke satu atau dua destinasi yang ada di sana. Petugas di sini juga akan kasih kamu peta lembaran kecil yang bisa jadi panduan kamu, dan mereka juga akan bantu jelaskan juga titik-titik mana yang harus kamu ingat. 
Pendakian Gunung Butik, Bogor

Kami memulai pendakian di jam 12.15 siang. Yup, siang bolong banget. Tapi jujur ngga begitu panas sih waktu itu. Di sini juga masih banyak banget pepohonan yang rindang gitu, jadi ya ngga panas banget lah. Untuk pendakian kali ini ada 3 pos yang harus dilalui. Kalau kata penjaga di depan sih, butuh sekitar 2 jam lah untuk sampai ke puncak, atau mungkin kurang dari itu ya. Pendakian menuju pos 1 itu singkat banget, kurang lebih cuma 10 menitan aja sudah sampai. Di pos 1 nya itu ada pendopo kecil untuk istirahat juga, kecil banget sih mungkin lebih ke gubuk kali ya bukan pendopo.

Perjalanan dari pos 1 ke pos 2 udah mulai ada nanjak tuh. Ya level medium lah, karena masih jalanan yang sebetulnya mungkin masih bisa dilalui sama motor trail. Untuk jarak tempuhnya juga singkat banget karena kami sampai di pos 2 itu di jam 12. 38. Nah kalo saran aku, buat istirahat lebih enak di pos 2 ini sih karena di sini banyak pohon pinus jadi adem dan teduh gitu suasanaya. Ada lahan kosong juga misal kamu mau camp di sini. Kayak gini nih suasana di pos 2:


Pendakian Gunung Butik, BogorPendakian Gunung Butik, Bogor

Kami sampai jam 13.01 di pos 3, dan kami istirahat di gubuk kecil yang ada di sana. Diperjalanan ke sana kamu bakal lewatin beberapa trek bonus yang beneran landai. Suasana hutannya juga mulai kerasa, sesekali suara Tonggeret yang keras banget bakal kedengeran. Sebelum sampai pos 3, kamu akan lewatin trek yang disebelahnya ada aliran sungai langsung dari mata air. Iya, di Gunung Butik ini ada mata air langsung yang bisa kamu konsumsi. Disebelahnya gubuk itu juga ada beberapa area kolam kecil penampungan air, jadi suasananya lebih adem dan tenang. Kami pun istirahat agak lama di pos 3 ini sambil kumpulin tenaga dan juga berteduh dari cuaca siang itu.

Pendakian Gunung Butik

Setelah istirahat yang cukup kami lanjutkan perjalanan menuju camp area, tapi sebelum itu kita lewatin dulu mata air. Cuma 15 menitan aja kok jaraknya dari pos 3, dan di sana juga ada area yang ternyata udah dikelola sama warga lokal sini. Kalian bakal nemuin deretan tanaman kopi yang ditanam di sini, sama beberapa tanaman lainnya kayak pisang, nangka dan masih banyak lagi. Agak naik sedikit dari sana ada area camping yang tepatnya ada disekitar Bukit Kolecer. Untuk area campnya sendiri ngga begitu besar tapi bisa menampung ya mungkin 8 - 10 tenda lah.

Jalan sedikit dari camp area, kamu akan sampai ke puncak dari Bukit Kolecer. Di bukit ini kamu bisa lihat pemandangan kota Jonggol dari ketinggian, dan hampir 360 derajat juga pemandangannya. Kamu juga bisa lihat gunung yang ada di sebelah, Hanjawong, yang kurang lebih ketinggiannya sama kayak bukit ini. Terus puncaknya ada di mana nih? dibelakang bukit. Perjalanannya sih katanya bisa 30 menitan untuk sampai ke puncak.

Pendakian Gunung Butik

Pendakian Gunung Butik, BogorPendakian Gunung Butik, Bogor

Pendakian Gunung Butik, BogorPendakian Gunung Butik, Bogor

Untuk sampai ke puncak kamu harus turun bukit dulu sedikir sekitar 50 meter lah, lalu naik lagi ke atas sampai ketinggian puncaknya. Untuk perjalanan ke sana kamu butuh tenaga sedikit extra ya. Kesulitannya agak bertambah karena kamu harus lewatin kurang lebih 6 - 8 kali tali webbing, dan juga ada beberapa tangga kayu yang cukup menantang untuk pemula. Untuk sampai ke puncak juga harus hati-hati, karena ngga jarang kamu bakal sebelahan langsung sama jurang. Di perjalanan ke puncak juga kamu bakalan ngelewatin petilasan. Kurang tahu sih petilasan tokoh siapa, tapi karena ada itu jadi ngga disarankan sih untuk camp di dekat area puncak meskipun sebenernya bisa aja.

Pendakian Gunung Butik, BogorPendakian Gunung Butik, Bogor

Pendakian Gunung Butik

Puncak Gunung Butik ini sebetulnya ngga begitu luas. Kalau misal dipakai pendakian bersama 25 orang rasanya udah rame dan penuh banget. Di puncaknya masih ada pepohonan yang banyak, dan pemandangan di sana bisa kamu lihat dari dua, sisi timur dan barat. Ketinggiannya yang 1250 mdpl ini juga kasih pemandangan yang cantik loh dengan latar sawah dan juga hutan yang ada di Bogor. Kami pun istirahat di puncak agak lama sambil buka nesting dan nikmatin perbekalan.

Setelah selesai makan kami ngga lupa dong untuk dokumentasi sebelum pulang. Selesai foto kami lanjutin perjalanan turun ke bawah di jam 14.47. Karena tenaga udah lumayan keisi dan waktu juga udah mulai sore, kita gas terus sampe turun ke basecamp lagi. Kami sampai di basecamp jam 15.27, sekitar kurang dari 1 jam udah sampai ke bawah dengan selamat.

###

Pendakian Gunung Butik, Bogor

Awalnya sih iseng aja ya karena udah di Jonggol dan turun mendaki dari Gunung Batu ternyata masih jam 10.00 an pagi, jadi kami iseng cari destinasi lain. Karena ketemunya gunung Butik ini, jadi ya sudah langsung aja ke sana. Ternyata gunungnya cantik juga. Bukit Kolecer dan Puncak Butik juga ternyata punya pemandangan yang ngga kalah cantik sama gunung lainnya yang ada di Jonggol. Tapi kalau urusan trek, ummm, bisa dibilang ini kecil cabe rawit sih. Ada beberapa tanjakan dan trek ke puncak yang cukup bikin ngerepotin. Untuk pemula ya ini bisa dibilang pemanasan sebelum nanjak ke yang 2000 atau 3000an mdpl ya. Overall, aku recommend banget untuk singgah dan main ke Gunung Butik Jonggol ini, apalagi buat kamu yang ngga punya banyak waktu untuk camp dan cari yang dekat dari Jakarta.

Next, kita ke gunung mana lagi ya?

Comments

Followers