Edisi Main ke Laut: Keindahan Alam Raja Ampat Yang Wajib Kamu Lihat Langsung

Piaynemo Raja Ampat
Piaynemo Point Raja Ampat

Raja Ampat. Satu dari beberapa destinasi favorit wisatawan lokal ataupun luar negeri. Letaknya ada di Indonesia bagian timur tepatnya di Provinsi Papua Barat Daya di Kabupaten Raja Ampat. Ngga nyangka banget bisa main ke salah satu destinasi tercantik yang ada di Indonesia. Ya meskipun sebenernya ke sana karena ada tugas kerja juga sih, hahaha. Di blog post kali ini, aku akan cerita tentang sedikit facts tentang Raja Ampat yang pastinya menjadi salah satu 'bucket list traveling Indonesia' kamu.

Trip Raja Ampat Papua
Meeting Point di Pelabuhan Usahamina

Keindahan Alam Raja Ampat

Kabupaten Raja Ampat adalah kepulauan yang ada di provinsi Papua Barat Daya punya banyak sekali keindahan alamnya yang memukau. Di sana ada empat pulau besar yaitu Waigeo, Batanta, Salawati Misool, dan juga ribuan pulau kecil lainnya. Apa sih yang buat Raja Ampat jadi istimewa? Kalau kata Indonesia Travel official website, Di sini ada gugusan kepulauan karst yang tepat ada di garis khatulistiwa. Selain itu, di Raja Ampat ini adalah surga untuk ratusan atau mungkin ribuan jenis terumbu karang yang juga menjadi salah satu daya tarik spot diving yang ada di Indonesia.


Gugusan Kepulauan Karst

Raja Ampat Papua
Raja Ampat Karst
Drone by: Yudhit Ajawaila

Ini adalah salah satu ikon dari Raja Ampat, gugusan pulau karst yang membentang sejauh mata memandang. Kalau menurut RajaAmpatGeopark.com, gugusan pulau karst yang ada di sini sudah ada dari sekitar 400 - 360 juta tahun lalu lho, wow banget kan. Gugusan terbesarnya ada di kawasan Misool, dan ini juga menjadi salah satu destinasi yang bisa kamu kunjungi kalau main ke sini. Di sini kamu harus mendaki bukit di beberapa pulau karst untuk melihat keindahan pulaunya. Kalau kamu ke Misool, pastikan kamu mampi ke Telaga Bintang, Telaga Manta, dan juga Piaynemo ya. Piaynemo ini juga yang sekarang jadi salah satu gambar yang ada di uang lembaran Rp. 100,000 lho.

Piaynemo Geosite Welcome Gate

Telaga Bintang Raja Ampat
Telaga Bintang Raja Ampat

Trip Raja Ampat

Telaga Manta Raja Ampat

Piaynemo Information Board

Piaynemo Raja Ampat
Piaynemo Point Raja Ampat

Hal unik lainnya yang bisa kamu lihat dan rasakan langsung di sini adalah kamu bisa lihat Pasir Timbul. Jadi ini adalah gugusan pulau baru yang mungkin akan terbentuk dalam ratusan atau ribuan tahun lagi. Setiap pagi atau sore hari, ada gundukan pasir yang timbul dari bawah permukaan air. Uniknya pasir timbul ini cuma muncul tiga kali dalam sehari di jam 6, 10 - 11, dan juga 4 - 5 WIT. 

Pasir Timbul Raja Ampat
Pasir Timbul Raja Ampat - Inframe: Mbak Fitri & Mas Febri

Pasir Timbul Raja Ampat

Pasir Timbul Raja Ampat

Surga Terumbu Karang, Snorkling dan Diving

Arborek Snorkling Raja Ampat

Buat kamu yang suka atau hobi banget diving, kamu wajib banget nih untuk main ke Raja Ampat. Infonya sih di sini adalah rumah dari 75% spesies terumbu karang dunia yang tersebar luas. Kamu bisa mampir ke beberapa spot diving terkenal di sini, salah satunya mungkin ke desa Arborek yang sudah diresmikan oleh pak Sandiaga Uno - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Ikan dan terumbu karang di sini cantik dan indah banget, bahkan kamu bisa lihat dengan jelas dari atas permukaan sekalipun. Ngga heran sih kenapa di sini banyak banget yang rela untuk datang ke sini entah itu wisatawan lokal ataupun luar negeri. 

Arborek Snorkling Raja Ampat

Pulau Arborek Snorkling Raja Ampat

Pulau Arborek Snorkling Raja Ampat

Pulau Arborek Snorkling Raja Ampat

Di Arborek ini kamu bisa diving sepuasnya, tapi kamu dilarang untuk menyentuh atau menginjak terumbu karang yang ada. Kamu harus berenang tepat dari dermaga yang sudah disediakan oleh warga setempat. Kamu juga bisa main kayak atau sewa perahu transparan yang ada dipinggir pantai kok. Tapi kalau kamu bisa lihat dan nyebur langsung, kenapa harus naik kapal?


Telaga Bintang Raja Ampat

Nah itu dia sedikit cerita soal salah satu destinasi terbaik di Indonesia. Jujur ngga akan tahu kalau salah satu destinasi karst tertua di dunia itu ada di Indonesia kalau ngga main ke Raja Ampat. Memang Indonesia itu kaya banget dengan kekayaan alamnya ya, mulai dari gunung sampai ke lautan semuanya ada dan memang secantik itu laut dan pulau yang ada di Raja Ampat. Next aku bakal sharing apa aja yang harus kamu persiapkan kalau mau main ke Raja Ampat ya. Tunggu blog post ku selanjutnya!

Trip arranged by: @misooltrip

Comments

Followers