5 Peralatan Wajib Bagi Pendaki Pemula


Mendaki gunung itu hal yang seru menurut aku dan juga banyak orang lainnya. Selain bisa lepas penat setelah sibuk beraktivitas selama lima hari full, dengan mendaki gunung kita juga bisa lebih dekat dengan alam. Sayangnya, banyak orang yang bingung harus mulai persiapan dari mana. Jadi kali ini aku bakal sharing apa aja yang harus kalian persiapkan untuk memulai hobi baru ini, yuk kita mulai dari peralatan apa yang harus kalian siapkan terlebih dahulu!
Sedikit intermezzo. Jadi aku sudah memulai hobi mendaki gunung ini sejak 2022. Belum lama memang kalau dibandingkan dengan para pendaki lainnya yang jelas sudah sangat senior. Biarpun ketinggalan jauh, aku pelan-pelan belajar dan mulai mengumpulkan peralatan apa saja yang wajib dimiliki oleh seorang pendaki (ceilah). Aku mulai cicil satu per satu semuanya, karena sejujurnya peralatan hiking ini bisa dibilang cukup mahal padahal kalau dipakai juga hanya satu bulan sekali saja. Dari berbagai referensi dan saran yang aku kumpulkan dari para senior, ada lima barang yang wajib dimiliki pendaki pemula karena bersifat personal, atau buat kamu yang ngga mau atau suka sewa-sewa barang. Check them out!
  1. Carrier atau Daypack


    Image source: unsplash.com

    Tas carrier atau daypack ini berbeda dengan tas konvensional lainnya ya gais. Umumnya tas ini sudah di desain sesuai dengan bentuk tubuh manusia, jadi lebih ergonomis-lah istilahnya. Dengan pakai tas ini untuk mendaki gunung, kalian ngga akan gampang merasa capek atau lelah karena beban yang banyak. Selain itu, kapasitas dari tas gunung ini juga besar banget. Kalau untuk daypack sendiri ukurannya mulai dari 10 - 30 liter maksimal, sedangkan untuk carrier mulai dari 30 - 80 liter atau lebih. Nah kalau kalian sudah punya tas carrier atau daypack, kalian bisa lebih leluasa deh untuk hiking atau traveling ke luar kota.

  2. Sepatu Gunung


    Image source: unsplash.com

    Alas kaki menurut aku adalah peralatan wajib selanjutnya yang harus dimiliki oleh seorang pendaki. Selain untuk melindungi kaki kalian dari tanah dan kerikil dipendakian, sepatu yang tepat juga bisa bikin kalian enjoy selama pendakian. Untuk jenis sepatu gunung sendiri ada beberapa macam tergantung fungsi dan modelnya; trail-running, low-cut, mid-cut, high-cut, dan mountaineering shoes. Kalau buat kamu yang masih mau coba-coba, mungkin bisa check model low-cut atau mid-cut. Selain fungsi dan desainnya yang ngga ribet atau terlalu simple, dua model ini harganya juga masih cukup terjangkau sekitar 500k - 1.200k atau lebih.

  3. Jaket Gunung


    Image source: unsplash.com

    Siapa yang ngga tahan udara dingin? Ini nih barang wajib buat kamu yang suka menggigil, jaket gunung. Udara pegunungan yang dingin ngga selalu adem yang kayak kamu bayangin bak ruangan AC. Kadang kalau dingin ya dingin banget, bahkan bisa badai. Jaket ini berfungsi untuk menjaga suhu badan kamu untuk tetap hangat terhindar dari hipotermia juga. Untuk jenisnya sendiri ada beberapa macam tergantung fungsi dan model; windproof, waterproof, dan warm-up. Untuk harga jaket gunung ini juga bervariasi mulai dari 350k - jutaan rupiah tergantung jenis dan juga brand yang kamu pilih. Jadi, sesuaikan saja kebutuhan dan juga fungsinya ya.

  4. Sleeping Bag


    Image source: unsplash.com

    Kalo di gunung tidur ga? Ya tidur lah! Biarpun ngga ada kasur, kalian bisa kok tidur nyenyak meskipun di gunung. Caranya? pakai sleeping bag atau kantong tidur. Selain menjaga suhu tubuh untuk tetap hangat ditengah cuaca dingin di gunung, sleeping bag ini juga berfungsi sebagai alas tidur kalian supaya ngga langsung tidur diatas matras atau alas tenda. Ada beberapa jenis dan model sleeping bag yang ada dipasaran. Kalau dibedakan berdasarkan model ada; Mummy dan Envelope, sedangkan kalau dibedakan berdasarkan bahan ada; Polar, Dacron, dan Goose Down. Kalau dari aku sendiri merekomendasikan untuk model Envelope dan juga bahan Dacron dengan beberapa alasan; modelnya yang fleksibel bisa dijadikan kantong tidur atau selimut, dan juga bahan dacron yang bagus untung menghangatkan tubuh. Untuk harga dari sleeping bag sendiri bervariasi ya gais, mulai dari 200k - jutaan rupiah tergantung bahan, model, dan juga brand yang kamu pilih.

  5. Trekking Pole

    Image source: unsplash.com

    Last but not least, trekking pole. Alat ini aku taruh didaftar paling terakhir karena menurut aku ngga semua orang suka atau butuh trekking pole ini. Alat ini sebetulnya sangat membantu kamu untuk pendakian, apalagi kalau kamu adalah tipe yang ngga pintar cari pijakan kaki atau pegangan tangan kalau ditrek yang curam dan licin. Selain itu, trekking pole ini juga bisa kamu manfaatkan untuk tiang atau peyangga dari tenda atau shelter kamu loh. Untuk jenis trekking pole sendiri ada; I-shape dan T-Shape, modelnya ada yang; Lipat dan Telescoping, sedangkan bahannya ada; Alumunium dan Carbon. Untuk harganya sendiri bervariasi ya gais mulai dari 90k - ratusan hingga jutaan ribu rupiah tergantung bahan, jenis dan juga model yang kamu pilih.

Itu dia daftar barang yang menurut aku dan para senior wajib miliki. Lima barang diatas itu bersifat personal ya, jadi memang akan dan pasti digunakan secara pribadi dan perorangan. Tapi semua balik lagi ke kebutuhan kalian ya, mana yang menjadi skala prioritas untuk kalian miliki dahulu. Ngga usah buru-buru, gunung ngga ke mana kok jadi pelan-pelan aja ngumpulin barang dan alatnya. Yuk segera rencanakan pendakian kalian! Terima kasih sudah mampir membaca blog kali ini, semoga bermanfaat ya.

Comments

Followers