Pesona Pantai Kelapa Lima di Kupang - NTT

Pantai Kelapa Lima, NTT

Belum lama ini aku baru aja berkunjung ke Nusa Tenggara Timur, ke kota Kupang tepatnya. Salah satu kota yang ada di ujung Timur - Selatan kepulauan di Indonesia. Ternyata, sunset di sana ngga kalah cantik dengan yang ada di pulau dewata Bali. Nah ini ada sedikit cerita dari aku yang main ke salah satu pantai di sana, pantai Kelapa Lima, selamat membaca!

Diawal bulan Juni kemarin aku ada kunjungan kerja ke kota Kupang. Jujur aku belum pernah ke bagian timur Indonesia. Paling jauh ya cuma di Bali, itu pun karena kerjaan. Jadi bisa pergi ke Kupang ini ada kesenangannya juga buatku sendiri. Apalagi aku suka traveling dan explore tempat-teman ajaib, bisa lihat berbagai daerah lainnya di Indonesia tuh kayak udah life goal banget.

Motif Kain khas Kupang Motif Kain khas Kupang

Jagung Bose dan Rumpu RampeKolam Renang, Harper Kupang

Aku di Kupang kurang lebih selama 4 hari. Di sana aku nginap di Harper Kupang. Aku juga sempat cobain kuliner khas yang ada di sana yaitu Jagung Bose dan Rumpu Rampe. Selama di sana ya selain dapat tugas dari kantor, aku juga menyempetin diri untuk explore wisata. Ya sambil menyelam minum air lah, sekalian kerja ya sekalian jalan-jalan. Meskipun waktunya agak mepet dan sedikit (banget), ya gapapa deh dinikmatin saja. 

Jadi di NTT ini sebetulnya banyak juga tempat wisata yang bisa dikunjungin. Kalau di pulau Timor sendiri wisatanya ada semua kok mulai dari cafe, pantai, sampai gunung juga ada. Tapi letaknya cukup berjauhan ya, apalagi kalau pegunungan itu hampir ke perbatasan dengan Timor Leste. Nah, kota Kupang sendiri itu lokasinya dekat dengan pantai jadi objek wisata yang paling dekat adalah pantai dan salah satunya adalah Kelapa Lima.

Pantai Kelapa Lima, KupangPantai Kelapa Lima, Kupang

Katanya sih kawasan baru pantai Kelapa Lima ini baru diresmikan sarana pendukungnya di bulan Maret 2022. Jadi di kawasan ini kedepannya bakal jadi sentral kuliner dan juga ikon baru kota Kupang itu. Nah, menariknya di pantai Kelapa Lima yang lokasi pas sekali di pinggir jalan yaitu ada banyak juga restoran dan juga kapal nelayan yang singgah. Jadi kamu juga bisa lihat langsung ikan-ikan segar yang dibawa sama nelayan, dan langsung jual dan diolah untuk kalian makan sambil nikmatin suasana khas pesisir pantai.

Untuk perjalanan ke dari pusat CBD kota Kupang ke pantai Kelapa Lima juga ngga begitu jauh kok, kurang lebih 8 - 10 menit aja. Untuk ke sana kamu bisa naik transportasi umum kayak angkutan, tapi memang agak jarang sih dan maksimal cuma sampai jam 6 atau 7 malam kalau ngga salah. Kalau kamu mau naik transportasi online juga bisa kok, dan lumayan gampang juga carinya.

Pantai Kelapa Lima

Pantai Kelapa Lima, Kupang

Di pantai Kelapa Lima ada apa aja sih? Buanyak. Pantai ini dari dulu sudah populer dikalangan wisata dan warga lokal. Selain karena memang direncanakan jadi ikon kota Kupang, posisi pantai ini juga ada di barat pulau Timor jadi pas banget dapat sunset view. Di sini juga ada beberapa area terkenal lainnya seperti sentral kuliner, hotel ASTON Kupang, lalu juga ada masjid Nurul Iman yang lokasinya tepat pinggir pantai.

Di pantai ini kamu juga bisa main ke bibir pantai turun ke bawah kalau pas air lagi surut. Tiap sore biasanya ada warga lokal juga yang main di sana, dari anak kecil cari ikan pakai jaring sampai orang dewasa yang memancing, atau sekedar duduk santai nikmatin suasana sunset di sana kayak aku. Nah ini ada beberapa foto yang berhasil aku jepret sewaktu nikamtin matahari terbenam di sana.

Pantai Kelapa Lima, KupangSunset Pantai Kelapa Lima, Kupang

Sunset Pantai Kelapa Lima, KupangSunset Pantai Kelapa Lima, Kupang

Cantik banget kan view sunsetnya di sana? Sayang waktu aku ke sana mataharinya udah kelewatan karena aku agak terlambat sampainya. Tapi biarpun begitu menurut aku pemandangan di sana sudah cantik banget sih. Di sana juga aku sempat main sama anak-anak asli Kupang yang lagi berburu ikan. Ricardo, si yang paling heboh dan cerewet sampai pamer kalau dia dapat kuda laut diburuannya hari ini.

Sunset Pantai Kelapa Lima, KupangAnak Asli Kupang, NTT

Oiya, buat kamu yang hobi berenang aku ngga begitu rekomendasiin berenang di sini ya. Dulu itu pernah ada isu ada buaya muara yang suka berkeliaran di sana. Tapi buaya itu dulunya ngga ada sih, cuma karena ada pandemi dan mungkin ngga begitu banyak aktivitas di pantai jadi mereka mulai bermunculan. Aku sendiri kemarin main di pantai sana sama anak-anak ya biasa aja sih, mereka juga santai.

Sunset Pantai Kelapa Lima, Kupang

Buat kamu yang ada rencana liburan ke timur Indonesia, ke NTT khususnya, menurut kau kamu wajib sih untuk lihat sunset dan nikmatin suasana sore hari di pantai Kelapa Lima ini. Selain aksesnya yang gampang, di sini juga banyak banget yang bisa kamu lakuin dari sekedar duduk lihat matahari. Mau makan tinggal beli ikan bakar atau jagung bakar, mau main ke pantai tinggal turun, bisa lari sore juga di sini karena trotoarnya cukup besar. Banyak deh pokoknya. Aku senang sih bisa mampir ke pantai ini, ngga disangka ternyata sunset di sini ngga kalah cantik dari Bali. Semoga suatu saat bisa kembali mampir dan main di Kupang lagi. Next kita ke mana ya? Thank you for reading ya semuanya!

Comments

Followers