Pendakian Gunung Hanjawong: Ada Curug Tersembunyi!

Puncak Gunung Hanjawong

Ada beberapa gunung pendek yang ada di kawasan Bogor - Sentul dan sekitarnya. Beberapa diantara mereka jaraknya berdekatan, malah ada yang sebelahan. Yup, kemarin aku udah nanjak ke Gunung Butik, kali ini aku bakal share gunung yang ada di sebelahnya yaitu Gunung Hanjawong. Terletak tepat disebelahnya menjadi kan gunung ini bisa dilintas dengan jalur pendakian yang sama. Menurut aku cukup recommended buat kalian, apalagi dijalur pendakiannya ada curug loh! Baca cerita lengkapnya dipostingan blog ini ya.

Tentang Gunung Hanjawong

Gunung Hanjawong, Bogor

Gunung yang berada tepat disebelah Gunung Butik ini ternyata punya ketinggian yang lebih rendah cuma di 974 mdpl aja. Tapi meskipun begitu gunung ini punya pengalaman pendakian yang ngga kalah seru kok. Untuk sampai ke lokasi, kamu juga cukup cari kata kunci Aula Cisoro di Google Maps. Gerbang pendakiannya sama kok dengan gunung di sebelahnya. Ini pin Maps-nya yaa kalau misal kamu butuh.

Untuk pendakian di sini aku sarankan kalian tetap bawa minum dan bekal yang cukup ya. Di jalur pendakian nanti memang akan melewati sungai dan ada satu mata air kecil, tapi lokasinya itu masih cukup jauh untuk ke puncak. Jadi semisal kalian kehabisan air di jalan nanti, mungkin akan kelelahan juga karena cuaca dan juga udara di area sini agak kering berbeda dengan gunung lainnya di Bogor.

Pendakian Gunung Hanjawong

Untuk pendakian kali ini aku ngga cuma berdua aja, tapi beramai-ramai bareng keluarga Backpacker Jakarta (BPJ). Yup, akhirnya setelah sekian purnama bisa ketemu dan join barengan sama BPJ lagi meskipun kali ini edisi nyusul. Jadi, BPJ waktu itu lagi buka trip ke Hanjawong, dan kebetulan waktu itu di weekend lagi ngga sibuk dan juga ngga ada tugas jadi langsung aja deh berangkat ke Bogor sendirian naik motor untuk nanjak bareng mereka semua. Pendakian bareng BPJ kali ini diikutin lebih dari 20 orang yang asalnya dari berbagai daerah di Jakarta. Mereka datang ke sini lagsung dari Meeting Point di Stasiun Depok Baru naik angkot yang disewa ramai-ramai.

Peta Gunung Hanjawong

Sebelum memulai pendakian kalian harus daftar simaksi dulu. Biayanya cukup Rp 20.000 per orang dan Rp 10.000 kalau misal kalian ada parkir kendaraan. Satu tiket ini berlaku untuk 2 destinasi ya, jadi kalian juga bisa lintas langsung main ke Gunung Butik yang ada disebelahnya. Jangan lupa foto peta jalur pendakiannya sebelum mendaki ya!

Pendakian Gunung HanjawongPendakian Gunung Hanjawong

Kami mulai pendakian di jam 10.14. Cuacanya panas dan udaranya juga kering, jadi aku sangat rekomendasiin kalian untuk pakai sunscreen atau sunblock, otherwise bakalan kebakar kulitnya. Jalur pendakian dari Gunung Hanjawong ini cukup jelas, tapi kalau kalian mau pakai pemandu juga bisa kok. Jalur ke puncak Hanjawong ada dua, ada yang jalur sungai sama jalur dataran biasa. Kalau kalian ambil jalur sungai akan langsung tembus ke pos 4 yang ada persimpangan, tapi kalau lewat jalur dataran kalian bakal lewatin pos 2 dan 3. Yup, jalur sungai ini adalah shortcut ya.

Kami sampai di sekitaran air terjun kecil sekitar jam 10. 34. Kalau cek di peta sih ini sudah setengah jalan menuju pos 4. Kalau kalian jalan lagi sedikit kalian akan ketemu air terjun tersembungo lho. Tapi disekitaran air terjun ini aku saranin kalian harus hati-hati. Karena jalan yang sempit, licin juga karena jalur air, dan mungkin kalian juga akan ketemu hewan liar karena ini sumber air juga untuk mereka. Selain itu jalur ini juga mungkin akan jadi bahaya kalau dilewati pas musim penghujan, jadi aku sarankan untuk bertanya dulu ke penjaga di depan kondisi trek pada saat pendakian bagaimana.

Selesai foto dan seru-seruan main air sebentar di sana, kami lanjutkan perjalanan lagi menuju ke puncak. Jalur pendakian setelah melewati curug ini semakin curam lho, jadi harus persiapkan fisik juga ternyata meskipun gunung ini ngga begitu tinggi. Tapi biarpun ngga begitu tinggi, pepohonan yang ada di sini banyak juga ternyata dan ngga jarang juga kita lihat tanaman buah yang tumbuh di sini kayak pohon Nangka atau buah lainnya ini.

Pendakian Gunung Hanjawong

Kami sampai di pos 4 atau simpang jalur di jam 11.04. Di situ lahannya cukup luas kalau kalian mau istirhat sejenak sambil berteduh di bawah pohon rindang. Sesekali kalian juga bakal dengar suara tonggeret khas hutan pegunungan. Kami istirahat sebentar di sana sambil bercanda-canda di tengah napas yang agak engap karena udaranya juga cukup kering bukan sejuk.

Selesai isirahat, kami lanjut lagi pendakian ke pos selanjutnya yaitu pos 5 atau pos camp area. Di perjalanan ke pos 5 kalian bakal lihat pemandangan kota Jonggol dari ketinggian, dan puncak Gunung Batu juga kelihatan loh dari sini. Pos 5 sendiri ditandai dengan adanya gubung bekas warung dan juga batu besar penanda camping area.

Pendakian Gunung HanjawongPendakian Gunung Hanjawong

Setelah istirahat sejenak di pos 5, kami lanjutkan pendakian menuju puncak. Estimasi dari pos 5 ke puncak itu kurang lebih 20 - 30 menit aja. Sesekali kalian harus menoleh ke belakang karena viewnya cantik banget dengan latar Gunung Butik yang ada di belakang. Di jalur ke puncak ini kalian akan lihat beberapa tanaman kopi, pandan liar, dan taman hutan lainnya.

Setelah jalan beberapa menit, akhirnya aku dan teman-teman BPJ sampai di puncak di jam 12.14. Untuk durasi pendakian dari bawah sampai puncak edisi kali ini butuh waktu 2.5 jam lah kurang lebih. Tapi itu sudah termasuk dengan bercanda, haha hihi, berburu buah liar dan juga foto-foto ngga jelas sih. Jadi aku rasa normalnya pendakian sampai ke puncak mungkin cuma butuh waktu 1.5 - 2 jam aja maksimal.

Untuk puncaknya sendiri itu berupa lahan kosong yang ngga begitu besar dan dikelilingi banyak pohon. Sisi puncaknya sendiri menghadap ke Timur dengan pemandangan langsung puncak Batu. Di atas juga sudah ada plang penunjuk puncak kok, dan masih terawat bagus jadi bisa dipakai untuk properti foto dong pastinya.

Pendakian Gunung HanjawongPendakian Gunung Hanjawong

Selain foto-foto di atas kalian juga bisa istirahat atau mungkin piknik kayak aku kemarin. Lahannya cukup besar, jadi kalau kalian mau bawa tikar juga bisa. Aku sendiri kemarin bawa nesting dan juga kartu uno. Aku sibuk makan sih karena kelaparan, tapi kartu uno aku dimainin sama teman-teman BPJ lainnya dengan taruhan yang kalah bawa turun sampah yang udah dikumpulin, hahaha. Tertarik untuk gabung?

###

Berawal dari aku yang gabut dan gada agenda di weekend, lalu lihat BPJ buka trip langsung deh ku susul ke sana. Sebenernya waktu itu sudah pernah ke sini, tapi cuma ke Gunung Butik. Karena masih penasaran dengan Hanjawong jadi lah aku berangkat. Endingnya sih seru ya meskipun cuaca agak panas, masih sesuai ekspektasi kok.

Pendakian Gunung Hanjawong

Aku rekomendasiin banget kalian untuk coba hiking atau iseng-iseng muncak ke sini. Di trek banyak banget hiburan mulai dari sungai, air terjun kecil, pemandangan kota jonggol, sampai pemandangan Gunung Butik yang ada dibelakangnya. Aku rasa sih air terjunnya ini cantik banget kalau pas musim hujan ya, apalagi suaranya juga bikin tenang dan teduh suasananya. Senangnya itu ditambah lagi aku lagi udah lama banget ngga jalan bareng sama BPJ, seru  banget deh pokoknya! Terima kasih banget untuk teman-teman BPJ dari berbagai RT, dan juga yang baru pertama kali join. Semoga bisa bertemu kembali dan kita battle uno dipendakian selanjutnya ya! Sampai jumpa lagi~

Next, kita ke mana lagi nih?