Cantiknya Pemandangan dari Puncak Gunung Sindoro

Pemandangan Dari Puncak Gunung Sindoro

Setelah kemarin di bulan Februari berhasil menginjak kaki di puncak Gunung Sumbing, tepat di bulan Mei lalu aku berhasil menginjak kedua kaki ini di puncak Gunung Sindoro.

Pendakian Gunung Sindoro

Gunung Sindoro atau yang dikenal juga dengan Gunung Sundoro adalah sebuah gunung stratovolcano yang ada di Kledung, Temanggung, Jawa Tengah. Gunung dengan ketinggian 3153 mdpl ini adalah salah satu dari 10 gunung tertinggi di pulau Jawa. Nama Sindoro sendiri katanya berasal dari kata Sundara yang artinya Indah. Dan memang, harus ku akui kalau pemandangan dari gunung ini memang benar indah adanya. Ini adalah sedikit cerita perjalanan di bulan Mei lalu bersama kawan-kawan pendakianku.

Pendakian Gunung Sindoro
Atas: Foto bersama di depan basecamp Gunung Sindoro jalur Kledung

Pendakian Gunung Sindoro ini bisa dibilang menjadi salah satu gunung dengan akses yang sangat mudah dijangkau. Kalau kalian pergi ke sana dengan open trip, jelas sudah banyak jasa yang membuka perjalanannya mulai dari rentan harga Rp 450.000 sampai Rp 799.000 per orangnya. Tapi kalau kalian memutuskan untuk pergi mandiri, kalian bisa coba cari transportasi bus umum dengan tujuan kota Wonosobo ke terminal Mendolo yang harganya mulai dari Rp 175.000 - Rp 225.000. Dari terminal kamu bisa naik transport umum lagi bus kecil dan turun tepat di basecamp Kledung yang lokasinya tepat di pinggir jalan raya. 

Baca juga: Pendakian Gunung Sumbing jalur Garung

Setelah sampai di basecamp Kledung, kami packing dan persiapan untuk pendakian di jam 7 pagi hari. Karena aku dan salah satu temanku ikut transportasi dari open trip, simaksi kamis udah dibantu diurus oleh mereka, sedangkan dua temanku lainnya hanya dikenakan biaya untuk orang tambahan. Tapi kalau kamu mau daftar simaksi sendiri, kurang lebih siapkan uang sebesar Rp 30.000 per orang.

Setelah membayar simaksi, kamu bisa melakukan perjalanan mendaki. Untuk pendakian sendiri bisa dimulai di jam 7 pagi setelah selesai buka dan registrasi ulang. Setelah registrasi ulang, kami memesan ojek untuk sampai ke pos 1. Kalian bisa memilih untuk jalan kaki atau naik ojek langsung ke pos 1. Untuk ojeknya sendiri ngga semenyeramkan ojek Gunung Sumbing kok. Kalau naik ojek kamu hanya butuh waktu sekitar 12 menit saja untuk sampai pos 1, tapi kalau kamu mau jalan kaki kurang lebih bisa 2 - 2.5 jam untuk sampai ke sana. Ongkos untuk ojek itu sendiri sekitar Rp 30.000 per orang. 

Jalur Pendakian Gunung Sindoro via KledungJalur Pendakian Gunung Sindoro via Kledung

Peta Pendakian Gunung Sindoro Jalur Kledung
Atas: Rute pendakian Gunung Sindoro

Pendakian Gunung Sindoro ini terdiri dari 4 pos. Hampir di setiap pos ada warung yang dikelola oleh warga sekitar. Perjalanan dari pos 1 kami mulai di jam 08.34 dengan kontur jalan yang masih tanah dan belum begitu curam. Kami sampai di pos 2 sekitar jam 09.15, jadi jarak tempuhnya kurang lebih sekitar 40 menit saja. Di pos 2 ini ada warung dan mereka sudah menjual es (meskipun terbatas), dan harganya pun cukup normal. Lumayan lah kalau kalian mau lepas haus setelah perjalanan. Kami lanjutkan lagi perjalanan, dan kami sampai di pos 3 di jam 11. 16 lalu memutuskan buka tenda di sana.

Jalur Pendakian Gunung Sindoro via KledungTrek Pendakian Gunung Sindoro Jalur Kledung

Pendakian Gunung Sindoro via KledungPendakian Gunung Sindoro via Kledung

Sebetulnya untuk camping area bisa di pos 3 atau di Sunrise Camp, tapi karena di hari itu ada banyak yang pergi mendaki kami memutuskan camp di pos 3. Selain karena lahan yang kami takutkan sudah penuh, katanya di Sunrise Camp itu ada banyak babi hutan kalau malam hari. Kami pun buka tenda di sana di jam 12.00, terlalu cepat memang. Karena itu kami punya banyak waktu luang untuk bersantai di tenda.

Milkyway Pendakian Gunung SindoroPos 3 Pendakian Gunung Sindoro

Pendakian Gunung SindoroGrilled Chicken

Malam harinya kami sangat beruntung. Selain juga karena kami bisa makan enak dengan menu grilled chicken (betulan grilled karena kami bawa alatnya), kami juga bisa menikmati cuaca yang sangat cerah di malam itu. Saking cerahnya, aku dan salah satu temanku sampai sibuk untuk ambil foto bintang-bintang di langit.

Perjalanan Menuju Puncak Gunung Sindoro

Dini hari kami bersiap untuk menuju puncak. Kami memulai perjalanan di jam 02.30, jauh lebih pagi dari pada yang ada di pos 3 karena jarak kami menuju puncak juga lebih jauh. Untuk perjalanan menuju puncak sendiri bisa memakan waktu sekitar 3 jam atau lebih, tergantung kondisi fisik dan juga cuaca. Perjalanannya sendiri menurutku bisa dibilang cukup berat karena medannya yang berbatu dan juga cukup curam. Kami sampai di pos 4 Watu Tatah kurang lebih di jam 04.45 beberapa menit menjelang adzan subuh.

Summit Attack Pendakian Gunung SindoroSummit Attack Pendakian Gunung Sindoro

Perjalanan kami lanjutkan menuju puncak dengan penuh semangat karena hanya tinggal 1 pos lagi. Setiap kali kami istirahat dan lihat kebelakang, kami lihat cahanya oranye dari matahari terbit yang cantik. Kami juga lihat dengan gagahnya Gunung Sumbing berada diseberang sana sambil sesekali lihat cahaya senter dari mereka yang juga sedang mendaki ke puncak Gunung Sumbing. Dikejauhan juga kami lihat jajaran gunung lain seperti Merbabu, Merapi, sampai Lawu semua kelihatan dari perjalanan kami menuju puncak.

Baca juga: Gunung Slamet, Puncak Tertinggi di Jawa Tengah

Sunrise Pendakian Gunung SindoroSunrise Pendakian Gunung Sindoro

Sunrise Pendakian Gunung Sindoro
Atas: Pemandangan dari puncak Gunung Sindoro

Puncak Gunung SindoroPemandangan Dari Puncak Gunung Sindoro

Kami sampai di puncak jam 06.08. Bau belerang yang cukup menyengat tercium dari puncak gunung Sumbing, sesekali kami menutup hidung supaya ngga terlalu banyak menghirup bau belerang. Berutungnya angin di hari itu bertiup ke arah sebaliknya, jadi kami tidak perlu takut dengan racun. Cuaca hari itu juga full cerah, kami bisa menatap Gunung Sumbing dari kejauhan dengan sangat jelas. Ngga lupa kami juga foto diplang penanda puncak dan juga tepat dibibir kawah. Cantik sekali pemandangan dari puncak Gunung Sindoro pagi hari itu.

Selesai berfoto bersama kami persiapan untuk turun menuju camp area di jam 07.40 dan sampai di camp area di jam 09.30 pagi. Sesampai di camp kami persiapan untuk pulang menuju basecamp. Kami pulang ke basecamp di jam 12.15 dan sampai di bsacamp di jam 14. 36. Sesampainya di basecamp kami persiapan kembali menuju ke rumah.

Ringkasan Pendakian Sindoro via jalur Kledung

Dipendakian kali ini, ada beberapa hal yang mungkin perlu kamu persiapkan sebelum pergi ke Gunung Sindoro. Semua aku rangkum di sini:

  1. Kalau kamu mau menghemat cuti, kamu bisa ambil bus perjalanan malam supaya sampai di basecamp di pagi hari. Sesampai di basecamp, kamu bisa langsung lanjut perjalanan pendakian. Untuk durasi perjalanan dari Jakarta - Wonosobo mungkin bervariasi sekitar 8 - 10 jam perjalanan.
  2. Persiapkan uang cash untuk kebutuhan perbelanjaan bekal dan juga kebutuhan lainnya seperti urunan basecamp atau pembelian tiket ojek
  3. Sebelum pendakian, pastikan kamu sudah terdaftar di simaksi yang bisa dilakukan online atau on the spot.
  4. Kamu bisa menghemat waktu pendakian dengan menggunakan jasa ojek yang disediakan oleh warga sekitar. Untuk ongkosnya kurang lebih Rp 30.000, dan tiketnya bisa kamu beli di pos dekat penyerahan data simaksi.
  5. Meskipun ada warung di pos pendakian, pastikan kamu bawa logistik yang cukup khususnya air karena gunung ini tidak ada mata air yang bisa kamu temukan.
  6. Gunung ini punya tipe jalur yang sangat bervariasi mulai dari tanah biasa, berbatu, sampai akar-akar pohon yang besar. Pastikan kamu pakai sepatu yang solnya bagus dan terawat.
  7. Sebelum summit menuju puncak, pastikan kamu bawa masker buff atau kain yang bisa kamu gunakan sebagai penutup. Selain karena bau belerang yang kadang cukup menyengat, masker juga sangat berguna karena di dekat area puncak juga terkadang bisa sangat berdebu.
Puncak Kawah Gunung Sindoro
Atas: Foto di puncak kawah Gunung Sindoro

Itu dia beberapa hal yang wajib kamu persiapkan sebelum mendaki ke gunung yang cantik ini. Jangan lupa persiapkan gadget kamu untuk dokumentasi terbaik selama perjalanan, karena pendakian gunung ini juga berlatarkan pemandangan gagahnya Gunung Sumbing. Sampai berjumpa di postingan cerita pendakian lainnya ya!



Comments

Followers